Tips Pindah Rumah

Tips Pindah Rumah

Pindah rumah bisa menjadi sesuatu yang membuat pikiran menjadi stres dan badan lelah. Selain energi yang terkuras untuk pindah, biaya sewa jasa pindahan rumah tentunya menjadi bahan pertimbangan. Supaya jadi praktis dan menghemat waktu, lakukan tips di bawah ini, yuk;

1. Buat Daftar Barang-Barang yang Akan Dibawa Ke Tempat yang Baru

Jika dilihat sekilas, barang-barang yang akan dipindahkan nampak tidak sebanyak yang dibayangkan. Namun, setelah berkemas-kemas dan menempatkannya dalam kardus, barang-barang yang dipindahkan ternyata banyak juga.

Sebelum packing barang, ada baiknya kita membuat daftar barang-barang yang akan dipindahkan, nih girls. Selain lebih mudah ditata saat tiba di tempat baru, barang-barang yang dibawa akan menjadi lebih ringkas.

2. Buat Rencana Anggaran Biaya

Dua minggu hingga seminggu sebelum pindahan, ada baiknya mengatur budget yang akan dikeluarkan. Misalnya untuk membayar jasa angkut dan sewa mobil atau truk pick up. Gak lucu, kan kalau tiba-tiba dompet dan tabungan terkuras karena belum ada persiapan sebelumnya.

3. Lapisi dengan Bubble Wrap Untuk Barang Elektronik dan Mudah Pecah Atau Rusak

Sekarang, sudah waktunya packing, nih. Untuk barang elekronik seperti televisi, LCD monitor komputer, dan printer, lapisi dengan bubble wrap. Untuk pembungkusnya, kita bisa menggunakan kardus bawaan saat membelinya. Jadi, jangan buang kardus barang-barang elektronik begitu saja, ya.

4. Untuk Berkas – Berkas yang Masih Ingin Disimpan, Masukkan Ke Dalam Plastik Bening Besar

Berkas tugas-tugas, portofolio yang ingin disimpan terlebih dulu, bisa kamu masukkan ke dalam plastik transparan besar. Selain mudah ‘terlihat’, menempatkan berkas kertas ke dalam plastik lebih menghemat ruang. Jadi, kita tak perlu terlalu banyak mencari kardus atau boks untuk pindahan.

5. Jika Tak Sempat Melipat Baju, Packing dengan Pembungkus Laundry Agar Praktis

Kalau punya banyak baju dan tidak sempat melipat satu per satu, gantung pada hanger, dan bungkus dengan pembungkus laundry. Baju akan tetap rapi dan bersih meski harus dibawa-bawa saat pindahan.  

6. Lakukan Acara Pindahan Saat Tidak Sibuk

Pilih satu hingga dua hari untuk membereskan semua aktivitas pindahanmu. Pilih momen yang tepat, saat traffic pekerjaan atau tugas sedang tidak tinggi. Melakukan pindahan saat pekerjaan sedang banyak-banyaknya dan dikejar dateline akan membuat beban pikiran.

7. Jangan Lupa, Beri Label Pada Setiap Kardus Barang-Barang Pindahanmu

Memberi label pada kardus akan menghindarkanmu dari membongkar ulang barang-barang saat mencari sesuatu. Begitu pula saat tiba di tempat yang baru. Menata barang-barang akan menjadi lebih mudah.

Related Posts