Tips Pindahan Kantor

Tips Pindahan Kantor

Kurangnya pemahaman mengenai tips pindah kantor adalah kesalahan yang besar karena memindahkan barang itu merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Terdapat berbagai jenis aset-aset berharga yang harus dijaga dan dirapikan dengan baik. Nah, simak fakta menarik berikut ini mengenai trik pindah kantor agar lebih terorganisir agar tidak menjadi kesulitan.

1. Packing Semua Kebutuhan

Tips pindah kantor yang pertama ialah mengenai packing barang. Langkah awal sebelum Anda melakukan packing sebaiknya persiapan barang yang menunjang seperti lakban, lable, stick note, kardus, box plastik berukuran jumbo, bubble warp dan spidol. Beberapa barang tersebut adalah perlengkapan wajib yang harus disediakan sebelum mulai packing. Sebabnya ketika Anda belum menyiapkan barang wajib tersebut dalam proses packing akan lebih membuang waktu.

Meskipun persiapan perlengkapan barang wajib adalah kunci utama dari tips pindah kantor. Namun yang tak kalah penting lagi yaitu Anda harus mengetahui barang yang bisa disatukan dalam setiap box. Selain itu, Anda juga perlu membereskan barang yang ingin di-packing dan susun dalam satu tempat yang sama agar lebih praktis ketika Anda menyusun barang ke dalam box.

2. Dokumentasi dalam Spreadsheet

Proses selanjutnya yang menjadi bagian dari tips pindah kantor secara efektif adalah seputar dokumentasi. Proses dokumentasi ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui barang apa saja yang berada di setiap box. Sebab pada dasarnya kondisi kantor dengan barang banyak tidak akan mampu Anda ingat ketika barang tersebut sudah tersusun rapih dalam box.

Tips pindah kantor lewat dokumentasi adalah kunci utama untuk mengingat barang, mengetahui jumlah barang dan mengecek kembali barang yang ada di dalam box. Proses dokumentasi ini sebaiknya Anda catat di spreadsheet. Lakukan pencatat tersebut sebelum mulai packing dengan sedetail mungkin menyesuaikan fungsi, tempat dan kebutuhan dari barang tersebut.

Maka ketika sudah melalui tips pindah kantor ini yaitu proses dokumentasi Anda tentu akan lebih mudah dalam proses selanjutnya. Apalagi dengan barang kantor yang tentu akan memberikan efisiensi waktu dan tenaga. Terakhir, jangan lupa berikan check list untuk barang yang sudah tersusun dalam box.

3. Beri Label pada Box

Tips pindah kantor tahap selanjutnya ialah memberikan label pada box. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menyusun barang ke dalam box karena setiap box telah ditentukan sesuai barang yang akan di-packing. Tidak hanya itu, ternyata dalam proses pembongkaran barang justru lebih mudah karena diberikan label pada box. Anda pun tidak akan kesulitan menemukan barang yang paling dibutuhkan saat pindahan kantor.

Dengan menerapkan trik label ini akan memberikan manfaat yang praktis dalam proses perpindahan kantor Anda. Sebab label pada box yang mempresentasikan isi tentu akan mudah untuk Anda mengecek barang dan pada saat menumpukkan box Anda langsung mengetahui isi dari box mana saja yang rentan rusak. Maka jangan menyepelekan tips pindah kantor satu ini.

4. Kasih Penanggung Jawab Setiap Barang

Nah, selain dari perlengkapan wajib disiapkan, Anda juga harus menentukan penanggung jawab dari setiap barang yang ada di kantor. Ini merupakan bagian penting dari tips pindah kantor yang sistematis. Sebab dengan ada penanggung jawab di setiap barang tentu akan memudahkan proses koordinasi dalam proses perpindahan menuju tempat baru. Misalnya A bertanggung jawab atas barang yang bersifat arsip perusahan dan B bertanggung jawab atas barang – barang elektronik.

5. Kumpulkan Satu Barang yang Mudah Pecah

Hal yang berikut ini kadang kala sangat jarang diperhatikan pada saat proses perpindahan kantor. Seringkali dalam proses penyusunan barang ke dalam box cenderung mencampuradukan semua barang pada satu box. Padahal sifat dan daya tahan setiap barang itu berbeda – beda. Tips pindah kantor yang baik diterapkan ialah memisahkan barang – barang pecah bela di box yang berbeda.

Tips pindah kantor ini memberikan keamanan barang dalam proses perpindahan. Selain itu juga mencegah barang agar tidak rusak. Namun akan lebih baik jika Anda menambahkan bubble warp untuk barang yang mudah pecah dan rusak agar lebih aman sampai ke tempat baru. Meskipun ini hal yang sederhana namun sangat berguna.

6. Pastikan Tempat Baru Sudah Siap

Sebelum Anda memindahkan barang kantor ke tempat baru, pastikan terlebih dahulu bahwa tempat tersebut telah siap untuk digunakan semestinya. Maka dalam proses un-packing nantinya tidak akan memakan waktu yang lama dan Anda sudah bisa langsung menata barang tersebut. Tips pindah kantor ini sering terlewatkan karena orang biasanya hanya fokus pada packing barang saja.

Dengan menerapkan tips pindah kantor satu ini, Anda akan memotong waktu yang banyak bahkan setelah barang telah rapih tersusun saat itu juga kantor baru sudah siap untuk operasional tanpa menunggu hari.

7. Jadikan Satu Barang Penting dan Mendesak

Terkait barang penting dan barang yang dapat digunakan secara mendesak, Masukkan satu jenis barang dalam satu box yang sama. Hal berujuan agar Anda mudah mengakses barang tersebut ketika membutuhkan dalam kondisi apapun. Ini adalah salah satu dari langkah yang efektif untuk Anda pindah ke tempat baru.

Misalnya untuk barang penting seperti dokumen dan arsip kantor, masukan dalam box khusus dengan bahan kuat dan tidak mudah terkena air. Selain itu juga letakkan dengan posisi yang mudah diambil seperti di area atas atau berikan space khusus. Jangan sekalinya Anda menumpuk barang tersebut dengan barang lain yang bukan prioritas.

Related Posts