TIPS PACKING BARANG

Tips Packing Barang. Kualitas packing barang di dalam pemindahan ataupun pengiriman barang sangat menentukan keamanan terhadap barang yang dikirim. Untuk itu jenis pengepakan yang digunakan baik pengepakan kayu ( Full wooden box, crate, pallet, liftvan ) ataupun jenis pengepakan lainnya ( box carton, paper/bubble/plastic wrap, alumunium foil, stretch plastic / film) merupakan hal yang sangat penting di dalam proses pemindahan maupun pengiriman barang.

Packing barang adalah bagian penting dalam dunia bisnis onlinePacking barang yang Anda lakukan akan menentukan kualitas barang yang sampai ke tangan pembeli Anda. Dengan melakukan packing barang yang tepat, Anda telah menjaga kualitas produk sekaligus kualitas pelayanan bisnis online yang Anda kelola. Anda bisa menarik kepercayaan pembeli Anda jika produk yang Anda jual bisa terkirim dengan kondisi yang baik dengan kualitas yang optimal. Dengan demikian, Anda telah menjaga kepercayaan pembeli dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk menjadi pelanggan setia Anda. Agar kepercayaan ini bisa Anda capai, Anda perlu memperhatikan setiap detail dari proses packing hingga pengiriman barang. Terutama pada cara packing barang yang akan Anda kirim ke pembeli.

Cara packing barang membutuhkan perhatian khusus, terutama apabila barang yang Anda packing adalah produk dari bisnis online yang Anda kelola. Cara packing barang tidak sembarang, proses ini tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Proses packing barang akan mempengaruhi kualitas barang ke depannya

Beberapa Tips Packing Barang Yang Bisa Anda Coba 

1. Pahami jenis barang yang akan Anda packing

Beberapa kesalahan yang umum dilakukan orang-orang termasuk para pengelola bisnis online adalah tidak memahami jenis barang yang mereka packing. Masih banyak yang belum paham bahwa cara packing barang yang satu dan barang yang lainnya berbeda. Setiap barang memiliki cara packing-nya masing-masing. Ada satu cara packing barang yang cocok untuk barang A, tapi belum tentu cocok untuk barang B. Cara packing barang yang berukuran kecil akan berbeda dengan cara packing barang yang berukuran besar. Cara packing produk makanan akan berbeda dengan cara packing produk tekstil atau produk lainnya. Masing-masing produk, punya cara packing masing-masing. Anda perlu memahami jenis barang yang akan Anda packing untuk menemukan cara packing yang tepat.

2. Pertimbangkan tujuan, waktu dan cara pengiriman barang

Selain jenis produk, hal lain yang perlu Anda pertimbangkan saat akan packing adalah tujuan, waktu dan cara pengiriman barang. Seberapa jauh tujuan pengirimannya akan berpengaruh dengan seberapa tinggi tingkat keamanan kemasan. Begitu juga dengan waktu dan cara pengiriman barang yang dilakukan. Hal ini akan berpengaruh pada cara packing barang yang perlu dilakukan.

Semakin jauh tujuan pengiriman barangnya, semakin besar pula waktu pengiriman yang dibutuhkan. Beberapa produk memerlukan cara khusus agar tetap awet dan tidak mengalami penurunan kualitas selama proses pengiriman. Cara pengiriman barang akan dipengaruhi oleh kedua hal tersebut. Cara pengiriman ini juga dipengaruhi oleh jenis produk yang Anda jual.

Produk-produk yang tergolong tidak begitu dipengaruhi ketiga hal di atas adalah produk tekstil, bahan makanan mentah, perkakas rumah tangga, dan lain sebagainya. Produk-produk yang sangat dipengaruhi ketiga hal tersebut adalah produk makanan. Apabila Anda bergerak di bidang bisnis makanan onlineAnda perlu sangat memperhatikan ketiga hal di atas. Beda tujuan dan waktu pengiriman akan berpengaruh pada cara pengiriman produk makanan yang Anda jual. Beda cara pengiriman akan berpengaruh pada cara packing yang tepat untuk barang Anda.

3. Cara packing barang yang paling utama, packing barang secara berlapis

Tips utama dalam cara packing barang adalah melakukan packing barang secara berlapis. Semakin banyak lapisan, produk Anda akan semakin terlindungi. Lapisan yang digunakan juga tidak boleh sembarangan. Harus sesuai dengan kebutuhan masing-masing produk. Urutan lapisan-lapisan yang digunakan juga harus sesuai dengan manfaat masing-masing perlengkapan packing barang yang digunakan.

4. Packing barang dengan rapi

Meskipun kerap diremehkan, tips ini sebenarnya juga penting. Packing barang yang rapi bukan hanya akan menjaga kualitas produk di dalamnya, tapi juga menjaga kualitas pelayanan bisnis Anda. Packing barang yang rapi bisa menciptakan kesan yang bagus untuk bisnis Anda. Tentu, pembeli akan lebih suka ketika Anda melakukan packing barang dengan rapi. Anda juga akan mendapatkan penilaian yang lebih baik jika packing barang yang Anda lakukan rapi.

5. Tulis data pengiriman dengan lengkap

Tips cara packing barang ini sangat penting tetapi sering disepelekan oleh pengelola bisnis. Ada beberapa pengelola bisnis online yang tidak mencantumkan alamat tujuan pengiriman secara lengkap sehingga proses pengiriman jadi tersendat. Kelalaian ini rawan menjadi penghambat utama dalam proses pengiriman. Produk yang Anda kirimkan akan perlu waktu yang lebih lama untuk sampai ke tangan pembeli. Dampak yang paling fatal adalah produk Anda akan dikembalikan ke tempat asal dan Anda harus mengulang proses pengiriman dari awal lagi.

Detail pengiriman yang juga kerap dilupakan adalah nama dan kontak pengirim, yaitu nama dan kontak bisnis Anda. Anda memang tidak menjadi tujuan utama pengiriman, tapi Anda menjadi orang yang bertanggung jawab dalam proses pengiriman tersebut. Apabila ada kejadian tidak terduga selama proses pengiriman, Anda akan dihubungi pihak ekspedisi. Jika Anda tidak mencantumkan nama dan kontak yang jelas, produk yang Anda kirimkan akan mempersulit pihak ekspedisi untuk memberi kabar pada Anda

6. Gunakan stiker “fragile” dan “handle with care” jika diperlukan

Jika Anda merasa bahwa produk Anda rawan rusak, maka Anda wajib menggunakan stiker atau printed tapeandalan dengan tulisan “fragile” dan “handle with care”. Stiker ini akan menjadi penanda bahwa barang yang Anda kirim adalah produk yang mudah rusak dan perlu perlakuan yang ekstra hati-hati.

Alasan Pentingnya Packaging Produk

1. Melindungi Produk

Fungsi terpenting kemasan / packaging produk adalah untuk melindungi produk agar tidak mudah rusak. Kemasan produk memberikan perlindungan agar isi produk tidak mudah tergores, basah, dan cacat. Apalagi saat pengiriman produk, terkadang produk berisiko rusak di dalam perjalanan karena terjatuh atau tertimpa barang lain. Namun, dengan adanya kemasan / packaging yang baik, produk menjadi lebih terjamin keamanannya.

2. Membangun Kepercayaan Konsumen

Kemasan produk secara tidak langsung dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Bagi bisnis online, konsumen Anda akan puas jika produk telah sampai ke tangannya dengan kondisi yang baik. Nah, disinilah fungsi packaging produk untuk melindungi seluruh bagian produk agar tidak mudah rusak. Jika konsumen puas, maka kepercayaan konsumen terhadap produk secara otomatis akan terbangun.

3. Menambah Daya Tarik

Jika kita amati perilaku konsumen saat berbelanja di minimarket, tidak semua konsumen memiliki waktu untuk berlama-lama mengamati produk satu-persatu. Ada konsumen yang mendapatkan produk yang dicari dengan hanya melihat logo atau packaging produk tersebut. Kemasan atau packaging merupakan salah satu media komunikasi antara produk dengan konsumennya. Bila packaging produknya terlihat menarik dan memilik karakter yang kuat, maka besar kemungkinan konsumen akan selalu ingat dengan produk tersebut.

4. Mempromosikan Produk

Pada kemasan produk, Anda dapat mencantumkan sejumlah informasi tentang produk Anda. Seperti nama brand, logo, tagline, harga, alamat website, akun media sosial, manfaat, cara pembuatan produk, dan lain-lain. Informasi tersebut adalah bagian dari cara promosi untuk memperkenalkan keunggulan produk. Namun, pastikan informasi produk tidak sampai memenuhi desain kemasan, karena akan membuatnya jadi tidak menarik.

5. Memperkuat Karakteristik Produk

Jika Anda memasarkan produk yang sama dengan pebisnis lain, kemasan produk dapat jadi strategi untuk membuat perbedaan. Kemasan akan jadi identitas bisnis Anda. Jika kemasan produknya menarik, konsumen dapat lebih mudah mengingat bisnis Anda dan tahu apa yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis lain yang menjual produk yang sama. Anda bisa membuat produk Anda terlihat spesial dengan adanya kemasan produk yang unik.

Frequently Asked Questions

Selain jasa pindahan, kamipun melayani  Jasa Pengepakan / packing dan Jasa Penyimpanan ( Jasa Pergudangan).

Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor yang tersedia atau menanyakan langsung pada nomor whatsapp yang tersedia.

Kami menawarkan harga yang berbeda – beda untuk setiap layanan. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan penawaran yang spesial.

Kami telah memiliki pengalaman puluhan tahun dalam melayani Jasa Pindahan, Jasa Pengepakan dan Jasa Penyimpanan ( Jasa Pergudangan).

Lokasi kami sangat strategis dan mudah di jangkau. Kami beralamat di Jl. Pondok Cabe Raya No. 101 Pondok Cabe Ilir – Tangerang Selatan 15418 Indonesia.

Load More

PROMO JASA PACKING BARANG

Layanan kami

KONTAK KAMI : 0818473495  /  021 74714755

MAIL : sales@balvindo-movers.com

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp
Call Now
Promo Jasa Pindahan ( Pesan Via WhatsApp )

Enter your keyword